INTERNET DAN PENDIDIKAN MASA KINI
OLEH : VENI ZELIANA S (06041281320017)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI SEJARAH
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang dan Masalah
Internet merupakan salah satu solusi yang dapat membantu
kita dalam meningkatkan mutu pendidikan
kita. Kita bisa memanfaatkan untuk mengakses berbagai referensi, yang berupa
hasil penelitian, artikel, dan yang lainya.
Dalam proses pembelajaran masa kini, para peserta didik
harus membiasakan diri dengan cara baru dalam mengikuti pendidikan. Para
peserta didik harus mencari sendiri bagaimana caranya untuk lebih tahu terhadap
materi yang akan di pelajari. Membaca berbagai pustaka yang berkaitan dengan materi
yang disampaikan oleh pendidik akan memberikan pemahaman dan menambah wawasan.
Para peserta didik juga harus berusaha untuk berintegrasi dengan teknologi. Sehingga
adanya perubahan dalam melakukan identifikasi dan mendapatkan informasi.
Sebelum adanya internet, masalah utama pendidikan di
Indonesia adalah akses informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan
sumber informasi yang tidak murah. Buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan
harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah. Akibatnya banyak tempat di
berbagai lokasi di Indonesia yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap.
Adanya internet pada saat ini memungkinkan mengakses informasi menjadi mudah
dibandingkan sebelumnya.
BAB II
PEMBAHASAN
Menurut
Kadir ( 2003: 444) dalam buku Pengantar Jaringan Komputer menyatakan
bahwa, internet merupakan jaringan komputer yang menghubungkan
jutaan komputer yang tersebar di seluruh dunia, yang bisa menghubungkan
siapapun dalam satu jaringan, yaitu internet. Internet merupakan hubungan antara berbagai jenis
komputer dan jaringan di seluruh dunia yang berbeda dari sistem operasi maupun
aplikasinya. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa,
internet adalah jaringan komputer yang tersebar di seluruh dunia yang
bisa menghubungkan siapupun melalui
sistem operasi dan aplikasinya. (Supriyanto, 2005: 60).
Masalah utama pendidikan adalah mengakses
informasi. Kurangnya sumber informasi menjadi salah satu hambatan dalam
pendidikan sebelumnya. Tapi masalah ini sudah tersolusikan dengan adanya
internet. Internet dapat membantu para pendidik maupun peserta didik untuk
mengakses materi, berita, dan yang lainya. Tidak hanya itu, internet juga bisa
dijadikan sebagai media pembelajaran untuk membantu meningkatkan mutu
pendidikan dan sumber daya manusia. Dengan internet pendidik maupun peserta
didik bisa melakukan proses belajar mengajar di luar kelas seperti penggunaan email, facebook,blogger, dan sebagainya. Sehingga proses pembelajaran
tidak terlalu bersifat monoton seperti sebelumnya.
Anne Ahira (2011) berpendapat bahwa, Penggunaan internet
sebagai media belajar sangat membantu pendidik dan peserta didik dalam proses
pembelajaran. Keberadaan internet bisa berdampak positif dan sekaligus bisa
berdampak negatif bagi remaja dan pelajar. Wawasan tentang karakteristik remaja
pelajar dalam mengakses internet perlu diketahui oleh orang tua dan guru
sebagai upaya kontrol terhadap penggunaan internet. Penggunaan internet sebagai
media belajar mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa sekaligus meningkatkan kreativitasnya. Tujuan akhirnya
adalah tercapainya prestasi belajar yang
memuaskan.
Menurut saya Internet merupakan
sumber informasi yang tak terbatas. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat
dengan adanya internet, khususnya di dalam bidang pendidikan yang meliputi
perpustakaan online, modul belajar, materi kuliah, ensiklopedi, soal-soal
latihan, dan informasi lainya untuk pendidikan. Sebagai pendidik, sudah selayaknya memanfaatkan internet
sebagai alat bantu untuk memberikan informasi dalam bentuk multimedia (animasi,
audio, video, maupu gambar). Para peserta didik juga dapat memanfaatkan
internet sebagai sarana untuk mengerjakan soal-soal yang disediakan di internet
secara online.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Internet merupakan salah satu solusi
yang dapat membantu kita dalam meningkatkan mutu pendidikan kita. Kita bisa memanfaatkan untuk mengakses berbagai referensi, yang berupa
hasil penelitian, artikel, dan yang lainya. Dengan internet pendidik maupun
peserta didik bisa melakukan proses belajar mengajar di luar kelas seperti
penggunaan email, facebook,blogger, dan sebagainya.
Sehingga proses pembelajaran tidak terlalu bersifat monoton seperti sebelumnya.
Pendidik bisa memanfaatkan internet
sebagai alat bantu untuk memberikan informasi dalam bentuk multimedia (animasi,
audio, video, maupu gambar). Sedangkan Para peserta didik juga dapat
memanfaatkan internet sebagai sarana untuk mengerjakan soal-soal yang disediakan
di internet secara online, dan juga mencari informasi yang diperlukan. Pada dasarnya internet dihadirkan untuk kepentingan pendidikan, sehingga
memiliki perngaruh yang kuat dalam proses pendidikan. Internet bisa membawa berbagai pengaruh, baik positif maupun negatif, terhadap pendidik maupun peserta didik.
3.2 Saran
Para
pendidik maupun peserta didik lebih mengoptimalkan lagi peran internet sebagai
sarana pembelajaran, internet juga merupakan sarana untuk belajar sendiri,
sehingga akan meningkatkan dan memeperluas pengetahuan, belajar berinteraksi,
dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola informasi. Informasi yang terdapat
di internet itu sendiri beragam, ada yang positif dan ada juga yang negatif,
membangun, merusak dan lain sebagainya. Tinggal bagaimana diri kita sendiri
memfilter informasi yang ada di internet.
DAFTAR
PUSTAKA
Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi.
Yogyakarta: Penerbit Andi
Aji, Supriyanto. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta:
Salemba Infotek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar